Selamat Pagi Menjelang Siang Dunia


Bulan Mei tahun 2007 adalah titik balik terbesar di hidup gw.

Keputusan gw buat apply AFS ternyata ngebuka mimpi-mimpi dan kesempatan yang lebih besar.

Waktu itu gw ikut seleksi AFS hapter Surabaya.

 

Dari SMAN 2 Kediri waktu itu banyak banget yang pengen ikutan.

Entah kenapa ga semua dibolehin ikut sama guru, dan harus diseleksi.

Jadi terkumpullah sekitar 54 anak dari SMA gw yang ikut seleksi tahap 1 AFS di Surabaya.

Sampe kita nyewa bus pariwisata, hahaha. Mencolok banget pokoknya kalo anak-anak Kediri.

Rombongan orang-orang berseragam lamaran kerja dengan bus pariwisata nopol AG. Hahaha :D

 

Cerita dikit yaa soal seleksi AFS.

Soalnya banyak yang suka nanyain, apply AFS gimana sih mbak?

Oke jadi gw jelasin dulu apa itu AFS ceman-ceman.


AFS itu singkatan dari American Field Service.

Dimulai dari keprihatinan para sopir ambulans ketika Perang Dunia kedua.

Dari sana muncul ide untuk menciptakan perdamaian dunia dengan jalan pertukaran pelajar.

Jadi dari situlah singkat kata muncullah AFS.

AFS adalah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pertukaran budaya sejak jaman PD 2 (paling tua).

Program-program AFS macem-macem.

Jaman gw dulu ada yang bayar dan tidak berbayar alias gratis.

Yang bayar biasanya disebut program AFS. (AFS murni)

Yang gratis ada dua macam, ada YES sama JENESYS.

 

Nah gw waktu itu dapet program YES. Alhamdulillah, ga bayar sepeser-pun. (kecuali untuk paspor)

Dan untuk program YES itu cuma ke Amerika Serikat aja.

Karena aku dapet beasiswanya itu dari pemerintah Amerika Serikat langsung.

Misi dari program YES ini adalah menjembatani orang-orang Amerika dengan para pelajar dari negara-negara mayoritas Muslim, agar timbul pemahaman yang lebih baik soal Islam.

Program YES bermula dari tragedi 11 September. Tau kan? Penabrakan gedung WTC yang diisukan dilakukan oleh Muslim.

 

Nah enaknya program YES adalah ya itu tadi GRATIS. Hehehe.

Mulai dari visa, tiket pesawat pulang pergi Indonesia – Amerika, uang sekolah selama satu tahun, dan uang saku $125 per bulan.

Program YES ini termasuk long program, alias dilakukan selama satu tahun atau 11 bulan lamanya.

 

Kalo program JENESYS itu tujuannya ke Jepang.

Ada yang short program yang cuma 2 minggu, dan long program (ga tau berapa lama).

Ini juga gratis teman-teman. Bedanya, beasiswa ini dikasih sama pemerintah Jepang.

Enak sih yang 2 minggu itu, jadi berasa kayak liburan yang nanggung banget tapinya, hehe.

 

Kalo AFS jangan ditanya. Ini program berbayar. Biayanya beragam, tergantung keberuntungan sih, hehe.

Temen gw ada yang ke Swiss cuma bayar Rp 10 juta. Ada juga yang ke Amerika dan harus bayar Rp 74 juta.

Program AFS ini enaknya negara tujuannya lebih banyak, mulai dari Eropa sampe Amerika.

Temen-temen gw pada banyak yang ke Prancis, Jerman, Belgia, Norwegia, Italia, Swiss, Belanda, dll.

Dan durasinya juga satu tahun atau 11 bulan lamanya. Tapi namanya ga gratis ya semua bayar sendiri.

 

Oke sekian cerita singkat seputar program-program di AFS.

Balik lagi ke proses seleksinya. Yuuk. .

 

TAHAP 1

Test tulis.

Ada 3 macam test yang diujikan. Yaitu test pengetahuan global, bahasa Inggris, dan essay tentang diri sendiri.

Pada dasarnya AFS bukan program akademis yang memilih anak-anak paling pinter satu sekolah.

Tapi AFS lebih pada mencari anak-anak yang terbuka pada perbedaan. #eaaaaa

Ga tau juga sih AFS nyari anak yang kayak gimana, gw aja yang kayak gini bisa lolos, lol :p

 

TAHAP 2

Wawancara.

Tahap ini biasanya pesertanya udah berkurang drastis. Yang lolos sampe tahap ini mungkin cuma 50%.

Dari SMA gw yang tadinya 54 anak, langsung tersisa sekitar 27 anak buat ikut seleksi tahap dua.

Wawancara pada dasarnya seputar apa yang udah kita tulis di formulir pendaftaran.

Jadi basically wawancara akan menanyakan seputar KEPRIBADIAN kita. Mengorek-ngorek bagaimana sifat kita.

Wawancara biasanya dilakukan dalam Bahasa Indonesia 90& dan Bahasa Inggris 10%.

Yang ngewawancara biasanya ada tiga orang.

Kalo menurut gw pribadi, tahap ini tuh keberuntungan udah harus bermain.

Kalo pewawancaranya cocok dan suka sama kepribadian kita, kita bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Seumpama waktu itu gw ditaruh di beda ruangan dengan pewawancara yang beda misalnya, belom tentu gw bisa lolos ;)

Semua udah diatur Yang Kuasa. Alhamdulillah gw lolos, dan gw diwawancara paling lama, kira-kira hampir sejam. -___-”

 

TAHAP 3

Dinamika Kelompok.

Pas tahap ini, pesertanya udah dikiiiit banget.

Dari SMA gw cuma lolos tiga orang doang. Hiks

Testnya pada intinya pengen ngeliat gimana kemampuan kita bekerjasama dengan orang lain dan dalam kelompok.

Saran gw buat tahap ini adalah jadilah dirimu sendiri, dan jangan terlalu ambisi buat dapetin beasiswanya.

Karena yang keliatannya dapet belom tentu dapet, dan yang keliatannya ga dapet justru dapet.

Hahaha ini nih yang bikin bingung sebenernya kriteria memilihnya gimana ya. Pribadi yang kayak gimana yang dicari?

 

TAHAP 4

Finalis Chapter.

Akhirnyaaa dari ratusan orang yang ngedaftar di tahap 1, tinggal 9 kandidat Chapter Surabaya buat dikirim ke nasional.

Dan saya salah satunya. Terimakasih Ya Allah.

Tapi tahap ini sebatas SELEKSI BERKAS.

Yang artinya nasional cuma menyeleksi berkas-berkas penilaian kita dari tahap pertama hingga tahap ketiga.

Jadi waktu itu ibaratnya tinggal masa penantian dipanggil test nasional di Jakarta atau enggak.

Oya di tahap ini juga ada FAMILY VISIT. Jadi panitia seleksi dateng ke rumah kita buat ketemu keluarga kita, dsb.

 

TAHAP 5

Seleksi Nasional.

Dari 9 finalis Chapter Surabaya tadi, cuma 4 orang yang dinyatakan berhak maju ke tahap seleksi nasional.

Tapi ada 2 lainnya yang langsung dapet program JENESYS short program selama 2 minggu, yaitu temen gw Taufik (Sidoarjo) sama Catherine (Surabaya).

Dan akhirnya gw (Kediri), Ines (Nganjuk), Yuni (Mojokerto), dan Prita (Surabaya) berangkat ke Jakarta!

Seleksi nasional selama sekitar 3 hari 2 malam.

Seleksi dinamika kelompok sama wawancara. Ga jauh beda sih, cuma yang ngetes para petinggi Bina Antarbudaya.

Bina Antarbudaya itu mitra kerjasama AFS Intercultural Programs.

 

TAHAP 6

Penantian panjang.

Haha kira-kira 3 bulanan gw baru dapet surat kalo gw dinyatakan terpilih sebagai kandidat penerima beasiswa YES.

Dan alhamdulillah 4 anak chapter surabaya semua dapet

Dari seluruh Indonesia, terpilih 89 penerima beasiswa YES tahun 2008/2009 ;)

 

Weittss tapi senior pada bilang, “kamu belom berangkat kalo belom ada di atas pesawat menuju Amerika.”

Penantian panjang menuju bulan Juli (Departure Day), kita wajib latihan nari, presentasi, dsb.

Yang hasil SLEP test-nya kurang juga disuruh kursus Bahasa Inggris.

Masa-masa paling mendebarkan adalah penantian panjang ini. Hohoho

 

Selain persiapan itu semua, kita juga dag dig dug nungguin KELUARGA ANGKAT atau HOST FAM.

Jadi selama 1 tahun di Amerika ntar kita bakal dirawat dan dipelihara oleh keluarga angkat.

Gw dapet host family paling cepet di antara temen-temen se-nasional.

Gara-gara essay gw yang kayak novel kali yaa, hehe.

 

Jadi buat nyari host family, kita disuruh bikin essay yang menjelaskan siapa kita dan apa kegiatan kita.

Trus disertakan juga foto-foto kita, hahaha biar host famnya ntar nyeleksi gitu. #kayak-milih-pacar-aja

 

Alhamdulillah bulan Maret gw dapet surat dari Host Family :D

Dan gw dapet penempatan di Minneapolis, Minnesota. Horeee :D

Kesan pertama adalah, Minnesota dimana sih? Hahahaha.

Setelah googling, gw jadi tau kalo Minnesota itu negara bagian Amerika Serikat yang paling utara setelah Alaska.

Dan berbatasan langsung sama Kanada. Horeeee.

Tapi, Minnesota terkenal dengan sebutan State of 10,000 lakes dan Ice box of America !!!!

Danau yang ada di negara bagian Minnesota itu ada 15,000 lebih

Dan kenapa disebut kulkasnya Amerika?

Karena musim dingin di Minnesota itu paling panjang, bisa 6 bulan. Wow!

Akhirnya keturutan juga mimpi gw mainan salju :D

 

Surat yang dikirim Host Family gw itu panjaaang banget. Ada 4 halaman.

Sampe terharu bacanya. Jarang dapet surat sih, hahaha.

Surat adalah hal yang sangat special, ya kan? Menurut gw sih gitu, hehe.

 

Dari surat itu gw udah dijanjiin bakal diajakin ke Tennessee (Negara Bagian Amerika Serikat yang banyak pegunungan dan asal dari banyak musik-musik country), dan Disney World di Florida. :D

Kesan pertama sama host family adalah BAIK BANGET ada bule yang belum kenal gw tapi udah ngajakin ke Disney, hahaha.

 

Di suratnya diceritain di rumahnya ada apa aja, terus kota tempat gw tinggal tu kayak apa.

Dikirimin foto rumah dari depan dan belakang. Hohoho asik asik.

Hmmm merinding kalo inget waktu itu.

Gw juga jadi tau kalo gw bakal tinggal sama keluarga RASMUSSEN ;)

Ada host dad, host mom, dan kucing cewek namanya Princess.

 

Dan gara-gara gw udah dapet Host Family itu, temen-temen jadi resah gelisah gara-gara belom dapet host family.

Soalnya ada gosip yang menyebar kalo ga ada orang Amerika yang mau ngangkat anak, maka ga jadi berangkat.

Tapi Alhamdulillah, abis itu gantian Prita dapet penempatan di Manhattan, NEW YORK CITY !

Gilaaa bikin ngiri aja dapet di NYC, di downtown Manhattan pula.

Dan waktu gw ke New York bulan Juni 2009, gw sempetin main ke rumah host fam Prita, dan rumahnya istana banget.

Cuma 20 meter dari BROADWAY !! Enak banget mau ke downtown NYC tinggal jalan kaki -____-”

 

Sedangkan temen gw si Yuni dapet penempatan di Dayton, OHIO.

Dia dapet keluarga imigran asal Swiss. Waktu itu Ines baru dapet penempatan pas udah karantina.

Ines dapet di MISSOURI. Asik asik. Nyebar semua sih tapinyaaa.

Gw di paling utara, Ines di tengah-tengah, Yuni agak ke timur, dan Prita malah timur banget.

-________-”

 

Yak begitulah cerita singkat seputar perjalanan gw akhirnya ngedapetin beasiswa YES ini.

Pada akhirnya perjalanan gw satu tahun di negeri orang udah ngerubah pola pikir gw.

Banyak lah. Tapi untung gw belom masuk perubahan level ekstrem. #tidak-perlu-diceritakan hehehe

 

Dari sana gw jadi mulai tertarik dengan dunia. Dunia yang lebih luas lagi.

I WANNA TRAVEL THE WORLD !!!


Gw jadi punya hobi baru yaitu traveling.

Andai waktu itu waktu gw cukup banyak buat keliling semua negara bagian di Amerika, huaa pasti gw jabanin deh.

Dari 50 negara bagian, gw udah ngunjungin 13 negara bagian.

Mary LandWashington DC - IllinoisMinnesotaWisconsinIndianaKentuckyTennesseeNorth Carolina - GeorgiaFloridaNew York - New Jersey


Dimana gw belom pernah menjamah WEST COAST sama sekali T^T

Belom keturutan ke Las Vegas, Arizona, California, Massachusetts, Alaska, Hawaii. Hwaaa #maruk


Dari setahun gw di Amrik itu juga, gw dapet kesempatan nulis kolom di Radar Kediri (Jawa Pos Group) tiap Minggu.

Akhirnya hobi nulis gw tersalurkan juga. Itulah kenapa gw bilang, kalo AFS ngebuka banyak peluang baru.


Gara-gara ikutan AFS ini, gw pun beralih cita-cita pengen jadi DIPLOMAT.

Hahahaha.

 

Kayaknya semua anak AFS rata-rata pengen ambil Hubungan Internasional deh.

Tapi dari test UM UGM sama SIMAK UI, gw ga direstui masuk Hubungan Internasional.

Dan berakhirlah disini, menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Yang pada akhirnya gw syukurin karena gw tetep bisa ambil Hukum Internasional. Yoyoooy :D

 

Ambisi. Ya jangan takut memiliki ambisi.

Tuliskan semua mimpi dan ambisimu. Apapun itu.

Insya’Allah dengan keyakinan dan kerja keras itu semua bakal terjadi.

 

Keberuntungan itu ada.

Tapi keberuntungan itu nggak terjadi begitu aja.

Sebenernya kita secara nggak langsung menjalani sesuatu yang saling berkaitan.

Sebenernya kita udah mempersiapkan masa depan kita, entah sadar atau tidak sadar.

Dari persiapan secara ga sadar itulah kadang kita berpikir ada faktor keberuntungan.

Tapi aku percaya tidak. Tuhan telah mengaturnya sedemikian rupa. Kita saja yang luput ;)

 

Dulu waktu masih kecil, gw punya mimpi dapet beasiswa S2 ke luar negeri.

Waktu itu pengennya ke Australia aja, dekeet.

Eh ternyata Allah memberikannya lebih cepat dan lebih baik dari yang gw bayangkan. ;)

 

Dulu juga gw pernah nulis di diary kalo gw pengen tulisan dan nama gw ada di koran hahaha.

Eh ternyata kejadian beneran. Bahkan Allah memberikannya lebih dari yang kita minta.

Hampir satu tahun gw jadi kontributor harian di Radar Kediri. Yang berarti ambisi jurnalis juga tercapai.

Subhanallah ternyata Allah memang Pembuat rencana yang paling indah.

 

Banyak sebenernya mimpi-mimpi yang dulunya keliatan ga mungkin banget, ternyata beneran terjadi.

Gw udah biasa nulis resolusi tiap tahun baru sejak SD. Jadi gw percaya kalau DREAMS DO COME TRUE !!!

Karena itu terjadi pada gw sendiri. Jadi pesan gw, jangan takut bermimpi, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu itu !

Cepat atau lambat, bahkan lebih indah dari yang kita minta ;)

3 thoughts on “Selamat Pagi Menjelang Siang Dunia

  1. kak, dulu kakak berangkat program YES ini waktu kelas 12 SMA ya?
    setelah pulang dari amerika, apa kakak mengulang kelas 12 di Indonesia atau kakak langsung kuliah?
    ditunggu jawabannya ya kak…

  2. Seruuu bgt ya jadi kk, bisa keliling amerika gitu. Envy bgt bacanya, selamat ya ka :D *telat
    kata2 yg terakhir bikin netesin air mata, seriusan. Makasih buat advice, bener2 bikin mata gw terbuka

Leave a Reply

