Radar Kediri – Halloween


Pekan terakhir Oktober lalu bertaburan undangan pesta Halloween. Hari Minggunya (26/10), saya sempatkan pergi trick or threat untuk food shelf. Trick or threat adalah ungkapan ‘ancaman’ yang biasa digunakan anak-anak ketika berpesta Halloween. Mereka berkeliling dari rumah ke rumah. Mengetuk pintu sambil berteriak, “Trick or threat.” Maksudnya, beri kami (makanan atau snack) atau akan kami jahili.

Saya bersama teman-teman muter dari rumah ke rumah untuk mengumpulkan makanan yang akan disumbangkan ke Food Shelf. Makanan yang terkumpul di Food Shelf bakal disumbangkan ke orang-orang yang dianggap kurang mampu di sini, yaitu orang yang pendapatannya kira-kira ‘hanya’ USD 20 ribu per tahun. (Ini hampir sama dengan Rp 200 juta di Indonesia dengan kurs Rp 10 ribu per dolar. Atau, sekitar Rp 16,5 juta per bulan!)

Namanya pesta Halloween, kami mengenakan kostum. Tapi, saya hanya punya satu kostum Minnie Mouse pemberian dari host mom. Pengennya sih dandan jadi kuntilanak, sekalian memperkenalkan hantu Indonesia. Tapi, susah bikin kostum dan make up-nya. Akhirnya, saya tetap pakai kostum Minnie. Kostumnya cukup ribet karena harus dobel-dobel di suhu lemari es ini.

Meski begitu, ada yang paling saya suka. Yaitu, waktu bikin telinga Minnie dari rambut saya yang dibuntel dua kayak telinga. Lalu, diberi pita merah di tengah. Persis deh kayak Minnie, cuma tidak ada nuansa horornya sama sekali. Setelah siap dengan gaun hitam panjang, telinga Minnie, plus tas nightmare yang baru saya beli dari Mall of America (mal terbesar kedua di dunia), saya juga dibekali jaket tebal karena suhunya waktu itu 20 derajat Fahrenheit (1 Fahrenheit = minus 32 derajat Celsius, Red)

Saat itulah, mendadak butiran-butiran putih seperti es jatuh dengan derasnya. Waaaa….!!! Saya langsung berlari ke balkon menyambut salju pertama saya! Benar-benar salju, untuk pertama kalinya. Tapi, sayangnya, saljunya langsung mencair begitu menyentuh tanah karena suhunya belum cukup dingin. Mom bilang, ini masih snow shower, tunggu sampai suhunya nol derajat Fahrenheit. Brrrrrr. Saya tidak bisa membayangkan kalau benar-benar nol derajat Fahrenheit. Sekarang saja saya pakai jaket dobel dua.

Meski dingin dan berangin, plus diguyur snow shower, saya dan teman-teman tetep semangat berkeliling dari rumah satu ke rumah yang lain sambil berteriak, “Trick or threat for food shelf. Happy Halloween.” Alhamdulillah, dapat banyak donasi makanan setelah lebih dari dua jam berputar-putar.

Setelah itu, kami bergegas ke Food Shelf untuk menyerahkan donasi makanan dan langsung ke acara berikutnya karena hari itu juga bertepatan dengan ulang tahun teman saya, Wakako Ogi, siswa AFS dari Jepang. Terbayar sudah perjuangan trick or threat sambil melawan dingin. Kami makan kenyang di ulang tahun Wakako sambil nonton scary movie. Hari itu (Minggu, 26/10) benar-benar menyenangkan, salju di trick or threat pertamaku.

Tapi, pesta belum berakhir. Setidaknya, akhir Oktober lalu, saya dapat lima undangan halloween party. Beberapa di antaranya bersamaan waktunya. Sehingga, mustahil bisa mendatangi semua. Karena itu, saya hanya dapat menghadiri dua undangan.

Selain trick or threat for food shelf pada Minggu (26/10) itu, satu lagi adalah pesta Halloween di rumah Lisa, teman sekolah saya, pada Jumat (31/10) malam. Sekalian sleepover di sana. Sabtunya (1/11) ada pesta ulang tahun host mom di rumah. Padahal, seharusnya ulang tahun itu sudah jatuh pada Selasa (28/10). Saya beri hadiah mom dengan sarung Bali dan taplak batik yang sudah saya siapkan sejak dari Kediri. Mom tampak senang. Sampai-sampai, taplak itu dipakainya untuk selendang, ha… ha…

Hari itu pula, banyak anak-anak kecil yang datang ke rumah untuk main trick or threat. Saya pun lantas membantu mom untuk ngasih permen dan cokelat ke anak-anak itu.

Leave a Reply

