Radar Kediri – Thanksgiving


Minggu terakhir November kemarin ramai dengan perayaan thanksgiving. Sekolah hanya masuk dua hari, Senin dan Selasa. Thanksgiving adalah perayaan orang Amerika yang berlangsung pada Kamis minggu keempat November. Tahun ini jatuh pada 26 November. Thanksgiving dilakukan orang Amerika sebagai tanda rasa syukur atas masa panen mereka. Biasanya banyak dirayakan bersama keluarga besar dengan menggelar makan malam besar pada Kamisnya dengan menu ayam kalkun dan pumpkin pie.

Senin dan Selasa saya bolos latihan ski karena ada banyak tugas dan ulangan. Rabu pagi (25/11), host mom menjemput Jasmine di kampusnya, St Bennedict College, St Cloud, 45 menit dari Buffalo. Jasmine adalah siswi AFS dari Hongkong yang tahun lalu tinggal bersama host fam saya. Tahun ini dia kembali ke Amerika karena mendapat beasiswa kuliah di St Bennedict College.

Kok bisa? Tahun lalu, selama setahun Jasmine di sini. Dari awal, dia sudah bilang ke konselor ingin mendapat diploma di Amerika. Padahal, untuk exchange students hanya mendapat honorary diploma. Akhirnya dia harus mengambil kelas-kelas khusus untuk memenuhi kredit supaya bisa lulus dan mendapat diploma di sini.

Host fam saya pun bilang kepada saya, “Kamu sudah punya rumah kedua di sini. Jadi, kalau tahun depan mau balik dan kuliah di sini seperti Jasmine, kamu sudah tidak bingung cari tempat tinggal.”

Namun, karena saya siswa YES (Youth Exchange Students), maka selepas program harus kembali ke Indonesia dan menunggu dua tahun dulu sebelum akhirnya kembali ke Amerika. Jasmine hanya pulang ke rumah host fam tiap Sabtu dan Minggu. Sebab, di Amerika, beberapa college seperti kampus Jasmine mengharuskan mahasiswanya tinggal di asrama sampai kira-kira mereka berada di grade senior.

Beberapa kali ikut menjemput Jasmine di St Bennedict, asramanya cukup memadai dan besar. Satu kamar diisi dua hingga empat orang, tergantung luasnya. Siswa pun bisa membawa microwave, TV, hingga lemari es ke dalam kamar.

Rabu itu juga, saudara-saudara dan keponakan host mom berkumpul di rumah karena host mom adalah anak tertua. Rumahnya juga paling besar di antara saudara-saudaranya. Jadi, biasa dijadikan tempat berkumpul.

Tidak semua saudara datang. Sebab, sebagian tidak dapat libur kerja selama thanksgiving. Hanya ada Suzan dan putrinya, Mimi dan Miko (keduanya keturunan Asia), Jasmine, dan Trisa. Ditambah tiga ekor anjing yang ketiganya peliharaan Suzan. Akhirnya, princess (kucing host mom) cuma diam di kamar karena tidak suka kalau ada anjing atau hewan lain di rumah.

Hahaha… dia kucing yang supergendut dan lucu. Dia sangat-sangat penakut terhadap apapun. Dan lagi, princess tidak suka digendong. Sukanya makan makanan kucing dan tidak seperti rata-rata kucing di Indonesia yang masih doyan diberi ikan asin. Umurnya sudah tua, 11 tahun. Awal saya datang, dia masih cuek bebek. Sekarang, tiap malam malah nemenin saya mengerjakan pe-er. Kadang tidur di bawah kasur saya.

Kamis siang (26/11), rumah ketambahan orang, Janet, anak adopsi host mom dari Korea. Dia dating bersama temannya, Arlo. Rumah pun bertambah sesak dan ramai. Trisa, host mom, dan Suzan sibuk memasak kalkun dan beberapa makanan pelengkap. Di dalam tubuh turkey (kalkun) dimasukkan gravy (sejenis roti) yang diramu dengan adonan rahasia keluarga. Maklum, keluarga host mom semuanya pandai memasak. Mereka juga gemar makan nasi, makanan pedas, dan makanan Asia lain.

Menjelang makan malam, saudara laki-laki host mom datang bersama istri dan putri-putrinya. Hari itu makan besar. Kalkun yang dihidangkan besar sekali, ditambah apple pie dan pumpkin pie yang dimakan dengan whip cream atau vanilla ice cream. Sehabis makan malam, kami semua melihat brosur-brosur big sale di Black Friday.

Black Friday adalah Jumat keempat pada November yang jatuh setelah thanksgiving. Black friday merupakan hari belanja terbesar sepanjang tahun karena pada hari itu akan ada banyak sekali big sale di semua toko-toko besar seperti Bestbuy, Walmart, Target, Circuit City, Menards, Kohls, dan sebagainya.

Toko-toko biasanya buka dari jam empat atau lima pagi. Bahkan banyak orang yang rela mendirikan tenda dan bermalam di luar toko demi mendapat barang yang diincarnya dengan harga miring yang hanya bisa didapatkan pada pagi hari.

Setelah melihat-lihat harga di selebaran pada Kamis malamnya, host mom memutuskan kami akan pergi belanja esoknya, Jumat. Karena ekonomi Amerika yang melemah, akhirnya harga-harga miring yang ditawarkan ‘tidak cukup miring’. Jumatnya (27/11), saya, host mom, Jasmine, dan Janet berangkat dari rumah jam tujuh pagi dan langsung ke Kohls.

Saudara-saudara yang lain sudah pulang sehabis makan malam thanksgiving. Saya beli additional luggage (koper tambahan) dengan harga 21 dolar. Namun, lebih besar dari luggage paling besar yang saya bawa dari Indonesia. Meski baru akan pulang Juli tahun depan, saya memutuskan membeli luggage baru sekarang karena host mom bilang belum tentu nanti dijual dengan harga segitu pada saat summer. Dan, membawa luggage tambahan lebih murah daripada mengirim barang-barang ke Indonesia yang bisa mencapai lebih dari 100 dolar.

Minggu (30/11), saya datang ke rumah Melisa bersama Jasmine dan host mom karena hari itu adalah ulang tahun Melisa ke-17. Exchange students yang lain juga datang meramaikan satu-satunya ulang tahun Melisa di Amerika. Setelah menyantap kue ulang tahun dan pizza, kami bermain kartu seperti yang biasa dimainkan anak-anak di Hongkong. Kami pun diajak memberi nama anjing baru host fam Melisa yang masih berumur satu bulan.

Saya lalu teringat bahwa tidak terasa hampir empat bulan lamanya jauh dari orang-orang tersayang di Indonesia. Batin saya bertanya, apa kabar bapak? Apa kabar ibuk? Apa kabar keluargaku dan teman-temanku di Kediri dan SMAN 2 Kediri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s